Kamis, 23 Juli 2020

Kelas 5 Tema 1 Sub Tema 2 PB 2


Manusia bisa melakukan aktivitas seperti duduk, berdiri, dan berbaring karena memiliki rangka tubuh. Selain itu, manusia juga memiliki alat indra untuk mengamati lingkungan sekitar, mencium aroma makanan, dan sebagainya. Tulang membantu melindungi bagian-bagian tertentu pada tubuh kita. Kerangka aksial meliputi 80 tulang pada manusia, sedangkan kerangka apendikular terdiri dari 126 tulang. Misalnya, bagian yang lunak dan organ dalam penting seperti hati, jantung, paru-paru, dan ginjal.
Tulang merupakan kerangka tubuh yang menahan dan menjaga bentuk tubuh. Jika tidak ada tulang dalam rangka tubuh manusia, maka tubuh akan jatuh terkulai dan tidak berdiri. Antar tulang digabungkan dengan sendi. Di mana sendi menjadikan tulang terikat kuat pada tempatnya. Selain itu, yang dapat menggerakkan rangka adalah otot. Berikut bagian-bagian rangka:
Rangka kepala
Rangka kepala (tengkorak) meliputi tulang-tulang tengkorak wajah dan tulang pelindung otak.
Tulang tengkorang wajah terdiri dari:
1.      Dua tulang hidung
2.      Dua tulang pipi
3.      Dua tulang rahang atas dan tulang rahang bawah
4.      Dua tulang air mata
5.      Tulang langit-langit
6.      Tulang pisau luku
7.      Satu tulang lidah
Untuk tulang pelindung otak meliputi:
1.      Tulang dahi
2.      Tulang belakang kepala
3.      Dua tulang pelipis
4.      Dua tulang ubun-ubun
5.      Dua tulang baji
6.      Dua tulang tapis
Rangka Badan
Rangka badan terdiri dari:
Tulang belakang
Tulang belakang terdiri atas: Tujuh ruas tulang leher 12 ruas tulang punggung Lima ruas tulang pinggang Lima ruas tulang kelangkang Empat ruas tulang ekor
Tulang rusuk
Tulang rusuk terdiri atas: Tujuh pasang tulang rusuk sejati Tiga pasang tulang rusuk palsu Dua pasang tulang rusuk melayang Tulang dada Tulang dada merupakan tempat melekatnya tulang rusuk bagian depan. Tulang rusuk dan tulang dada memebentuk rongga dada.
Tulang gelang bahu
Tulang gelang bahu membentuk rangka baju. Tulang ini tersusun dari sepasang tulang belikat dan sepasang tulang selangka.
Tulang gelang panggul
Tulang gelang panggul membentuk rangka panggul. Di mana tulang gelanmg panggul dibentuk oleh dua tulang usus, dua tulang duduk, dan dua tulang kemaluan.

COVER
Asyik sekali ya, aktivitas membaca itu? Apalagi jika membaca sebuah buku secara menyeluruh. Pada saat membaca buku, sebenarnya isi dari sebuah buku sudah dapat kita terka atau prediksikan sebelumnya dengan melihat sampul atau cover buku tersebut. Karena memang sampul cover buku merupakan bagian buku yang berupa gambar ilustrasi yang bisa mewakili isi buku.
Cover atau sampul buku merupakan cerminan dari keseluruhan isi buku. Cover atau sampul merupakan bagian terluar dari buku yang terdiri atas dua sisi, yakni depan dan belakang. Kedua sisi ini saling mendukung dan melengkapi serta menguatkan isi dari buku. Cover yang baik adalah yang bisa mempengaruhi dan menarik minat orang untuk membaca isi buku secara keseluruhan. Untuk itu, maka sebuah cover harus memenuhi unsur-unsur berikut.
1. Terdapat judul dengan pemilihan jenis huruf yang menarik dan mencolok.
2. Terdapat kalimat penjelas judul yang singkat dan mudah dipahami.
3. Terdapat nama penulis.
4. Terdapat identitas penerbit.
5. Menyertakan gambar yang menarik.
6. Terdapat sinopsi isi buku pada sisi belakang.
7. Terdapat identitas buku pada punggung buku



Penting!!!
Bacalah materi selengkapnya pada Buku Pegangan Siswa Hal. 63 - 75

TUGAS!
Mengerjakan LKS Latihan Pembelajaran 3 Hal. 43

Tidak ada komentar:

Posting Komentar