Jumat, 28 Agustus 2020

KELAS 5 TEMA 2 SUBTEMA 3 PB 4

 ASSALAMU’ALAIKUM

Hai anak-anak hari ini kita akan mempelajari materi tentang kegiatan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dalam mata pelajaran IPS.

Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi Masyarakat Indonesia

Untuk mencukupi kebutuhan hidup, manusia harus bekerja. Ada bermacam-macam pekerjaan, misalnya bertani, menangkap ikan, sopir, guru, menjual makanan, menjadi pengacara, dan lain-lain. Semua ke- giatan yang dilakukan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup ini disebut kegiatan ekonomi.

Ada tiga bentuk kegiatan ekonomi, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi. Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang atau jasa. Distrisbusi adalah kegiatan menyalurkan barang dari produsen ke pemakai atau konsumen. Sedangkan konsumsi adalah kegiatan memanfaatkan barang dan jasa. Macam pekerjaan yang menghasilkan jasa, antara lain salon, fotokopi, bengkel dan lain-lain.

Tanah air kita sangat luas dan kaya. Banyak potensi alam untuk membuka usaha. Ada bermacam-macam bidang usaha, antara lain dalam bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutan- an, pertambangan, perindustrian, perdagangan, dan pariwisata.

·         Usaha pertanian menghasilkan padi, jagung, kedelai, ubi, dan sayur- sayuran dan hasil tanaman perkebunan. Hasil usaha pertanian dapat ditingkatkan dengan cara intensifikasi, ekstensifikasi, diversifikasi, dan rehabilitasi. Tanaman perkebunan dibedakan menjadi dua, yaitu tanam- an perkebunan musiman dan tahunan.

·         Usaha peternakan dibedakan menjadi tiga, yaitu peternakan hewan besar, hewan kecil, dan unggas. Usaha peternakan banyak dilakukan di Nusa Tenggara, Jawa, dan Sumatera. Usaha perikanan dibedakan menjadi dua, yaitu perikanan darat dan perikanan air laut.

·         Hutan menghasilkan berbagai jenis kayu dan rotan. Usaha-usaha yang memanfaatkan hasil hutan antara lain usaha pengolahan kayu, usaha pembuatan mebel, dan usaha kerajinan rotan.

Ada tiga jenis hasil pertambangan yaitu bahan tambang mineral logam, mineral bukan logam, dan sumber energi. Hasil-hasil tambang bisa diolah lebih lanjut untuk berbagai keperluan manusia. Negara kita juga memiliki banyak objek wisata. Usaha dalam bidang pariwisata antara lain perhotelan dan jasa perjalanan wisata.

Pengelolaan berbagai jenis  usaha ekonomi ekonomi tersebut ada yang dikelola secara perorangan dan ada yang dikelola secara bersama. Kegiatan ekonomi yang dikelola secara perorangan banyak dilakukan di sekitar kita. Usaha yang dikelola sendiri disebut usaha perorangan. Usaha ekonomi ini memiliki modal terbatas dan biasanya dikelola secara sederhana.

TUGAS!

1. Bagaimana cara menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain?

2. Mengerjakan LKS Tema 2 Subtema 3 Latihan Pembelajaran 4 pilihan ganda saja!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar