Kamis, 06 Agustus 2020

Materi Perkalian Pecahan

Operasi perkalian merupakan salah satu operasi matematika dasar yang harus dikuasai. Nah, kali ini kita akan membahas tentang perkalian bilangan pecahan. Bilangan pecahan yaiu bilangan yang terdiri dari pembilang dan penyebut. Perhatikan contoh berikut ini!
“Pak Amir ingin mengecat dinding kamar anaknya. Ia hanya mempunyai waktu 3 hari untuk menyelesaikannya sebelum ia berangkat tugas ke luar kota. Jika pada setiap harinya ia hanya dapat mengecat 1/5 bagian. Berapa bagian kah pekerjaan yang belum diselesaikan oleh Pak Amir?”
Untuk menyelesaikan permasalahan pada soal di atas kalian harus memakai operasi perkalian pecahan. Untuk menghitung pekerjaan yang telah diselesaikan oleh Pak Amir maka kalian akan mengalikan.
1/5 x 3 = 3/5 bagian
sedangkan sisa pekerjaan yang belum diselesaikan dapat dicari dengan
1 – 3/5 = 5/5 – 3/5 = 2/5 bagian
Operasi perkalian dapat dilakukan dengan beragam bilangan. Yaitu sebagai berikut :

Perkalian Pecahan dengan Bilangan Bulat

Pengertian, Rumus, Dan Contoh Perkalian Pecahan Serta Pemahamannya Terlengkap
“Kalikan bilangan bulat dengan pembilangnya saja. Jangan ubah penyebutnya. Apabila hasil perkalian lebih besar dari penyebut, ubahlah menjadi pecahan campuran”
Contoh 1:
2  x 4/9 = 8/9
Contoh 2:
Andi akan membuat 5 kaos, dalam membuat sebuah kaos dibutuhkan kain sepanjang 2/3 m. berpakah kain yang dibutuhkan andi untuk membuat seluruh kaosnya ?
Jawab :
2/3 (kain) x 5 kaos = 10/3 = 3 1/3 m
Contoh 3: (dibagi terlebih dahulu)
2/7 x 14 = 2 x 14/7 = 2 x 2 = 4

TUGAS!
Mengerjakan LKS Hal. 19 soal no 1 sampai 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar