Hai anak-anak apakah kalian suka menonton acara favorit kalian di TV? Tapi saat seru-serunya nonton, tiba-tiba terpotong oleh iklan. Wah pasti agak kesal ya, namun tahukah kalian, ternyata iklan itu sangat penting bagi masyarakat. Apa saja ya kegunaan iklan itu?. Pada pelajaran ini kita akan mempelajari tentang pengertian, tujuan, dan manfaat iklan.
Pengertian Iklan
Apa yang dimaksud dengan iklan? Iklan
adalah suatu bentuk informasi yang dilakukan oleh seseorang, instansi/ lembaga,
atau perusahaan, yang isinya berupa pesan yang menarik tentang sebuah produk
atau jasa yang ditujukan kepada khalayak. Maksud dan tujuan dibuatnya iklan
adalah untuk membujuk/ mendorong masyarakat sehingga menjadi tertarik
menggunakan produk/ jasa yang ditawarkan.
Biasanya iklan dipasang di berbagai media agar terlihat oleh banyak orang, baik itu media offline maupun media online. Beberapa media tersebut diantaranya Koran, Majalah, Tabloid, Televisi, Situs Berita, Blog, Media Sosial, Mesin Pencari, dan tempat-tempat umum.
Pada umumnya iklan berbentuk informasi non
personal mengenai sebuah produk atau jasa, perusahaan, merek, dan lainnya,
dengan kompensasi biaya tertentu. Semua komunikasi dalam bentuk iklan ini
bertujuan untuk menarik perhatian atau membujuk orang lain untuk membeli atau
melakukan sesuatu yang menguntungkan si pembuat iklan.
Tujuan
dari iklan adalah untuk membujuk atau mendorong orang lain agar menjadi
tertarik untuk menggunakan suatu produk/ jasa. Adapun tujuannya adalah sebagai
berikut:
2. Mempengaruhi orang lain yang merupakan target penjualan untuk menggunakan dan membeli produk atau jasa yang ditawarkan kepada mereka.
Manfaat Iklan
Iklan
tidak akan pernah ada jika tidak memberikan manfaat bagi si pengiklan. Secara
umum ada beberapa manfaat iklan yang bisa didapatkan oleh pengiklan, yaitu:
2. Konsumen baru semakin bertambah sehingga
meningkatkan angka penjualan produk/ jasa yang diiklankan.
3. Keuntungan pihak pengiklan akan meningkat
karena penjualan produk/ jasanya yang diiklankan.
4. Meningkatkan brand awareness sebuah merek di masyarakat luas sehingga masyarakat mudah mengidentifikasi produknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar