Kamis, 03 September 2020

APA ITU IKLAN? (Tema 3 Subtema 1 : Bahasa Indonesia)

 Assalamu’alaikum

Hai anak-anak apakah kalian suka menonton acara favorit kalian di TV? Tapi saat seru-serunya nonton, tiba-tiba terpotong oleh iklan. Wah pasti agak kesal ya, namun tahukah kalian, ternyata iklan itu sangat penting bagi masyarakat. Apa saja ya kegunaan iklan itu?. Pada pelajaran ini kita akan mempelajari tentang pengertian, tujuan, dan manfaat iklan. 

Pengertian Iklan

Apa yang dimaksud dengan iklan? Iklan adalah suatu bentuk informasi yang dilakukan oleh seseorang, instansi/ lembaga, atau perusahaan, yang isinya berupa pesan yang menarik tentang sebuah produk atau jasa yang ditujukan kepada khalayak. Maksud dan tujuan dibuatnya iklan adalah untuk membujuk/ mendorong masyarakat sehingga menjadi tertarik menggunakan produk/ jasa yang ditawarkan.

Biasanya iklan dipasang di berbagai media agar terlihat oleh banyak orang, baik itu media offline maupun media online. Beberapa media tersebut diantaranya Koran, Majalah, Tabloid, Televisi, Situs Berita, Blog, Media Sosial, Mesin Pencari, dan tempat-tempat umum.

Pada umumnya iklan berbentuk informasi non personal mengenai sebuah produk atau jasa, perusahaan, merek, dan lainnya, dengan kompensasi biaya tertentu. Semua komunikasi dalam bentuk iklan ini bertujuan untuk menarik perhatian atau membujuk orang lain untuk membeli atau melakukan sesuatu yang menguntungkan si pembuat iklan.

 Tujuan Iklan

Tujuan dari iklan adalah untuk membujuk atau mendorong orang lain agar menjadi tertarik untuk menggunakan suatu produk/ jasa. Adapun tujuannya adalah sebagai berikut:

 1.  Memberikan informasi kepada khalayak mengenai suatu produk barang atau jasa, merek, perusahaan, ataupun suatu ide. Iklan menggunakan bahasa persuasif dengan menonjolkan kelebihan produk/ jasa yang ditawarkan.

2.  Mempengaruhi orang lain yang merupakan target penjualan untuk menggunakan dan membeli produk atau jasa yang ditawarkan kepada mereka. 

Manfaat Iklan

Iklan tidak akan pernah ada jika tidak memberikan manfaat bagi si pengiklan. Secara umum ada beberapa manfaat iklan yang bisa didapatkan oleh pengiklan, yaitu:

 1.     Produk atau jasa yang diiklankan akan dikenal atau lebih terkenal di masyarakat luas.

2.  Konsumen baru semakin bertambah sehingga meningkatkan angka penjualan produk/ jasa yang diiklankan.

3.  Keuntungan pihak pengiklan akan meningkat karena penjualan produk/ jasanya yang diiklankan.

4.   Meningkatkan brand awareness sebuah merek di masyarakat luas sehingga masyarakat mudah mengidentifikasi produknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar