Jenis Iklan Berdasarkan Media yang Dipakai
Jenis iklan ini dipasang pada media yang memakai teknik cetak, baik itu berupa laser, sablon, letterpress, dan lain-lain. Contoh iklan cetak sering kita lihat di surat kabar, majalah, tabloid, poster, stiker, dan lain sebagainya.
2.
Iklan Elektronik
Jenis iklan ini memanfaatkan media berbasis perangkat elektronik seperti radio, televisi, film, dan media digital interaktif (internet). Berikut adalah beberapa iklan elektronik tersebut:
· Iklan
radio: iklan radio hanya bisa didengarkan saja karena bentuknya hanya suara
(audio). Contoh iklan radio adalah Ad-lib, Spot, dan Sponsor Program.
· Iklan
televisi: iklan televisi terdapat unsur suara, gambar, gerak, dan teks,
sehingga lebih menarik bagi audiens. Beberapa contoh iklan televisi adalah Live
Action, Animation, Stop Action, Musik, Sponsor Program, Running Text, Backdrop,
Credit Title, Ad-lib, Promo Ad, dan Superimposed.
·
Iklan
film: iklan film dapat dilihat ketika kita melihat sebuah film/ cinema.
Biasanya iklan tayang sebelum film dimulai dimana bentuk iklan adalah live
action, dan endorsement.
· Iklan
media digital interaktif: iklan jenis ini tayang di berbagai media online yang
banyak pengunjungnya. Beberapa jenis iklan di media digital diantaranya Banner
& Button, Website, Sponsorship, Search Engine Marketing, Email Marketing,
Classified Ads, Social Media Marketing, dan lain-lain.
· Iklan
luar ruang: jenis iklan ini adalah iklan elektronik yang berada di luar ruangan
dan posisinya terlihat khalayak ramai. Beberapa contoh iklan luar ruang ini
adalah iklan transit, mobile billboard, outdoor standar, display, dan lainnya.
Iklan
berdasarkan tujuannya dapat dibagi menjadi dua, yaitu iklan komersial dan iklan
non-komersial.
Tujuan
iklan komersial adalah untuk mencari keuntungan ekonomi, atau untuk
meningkatkan penjualan. Jenis iklan komersial dapat dibagi tiga, yaitu:
·Iklan
Bisnis: ditujukan kepada pihak yang dapat mengolah atau menjual produk yang diiklankan kepada konsumen akhir.
· Iklan
Profesional: ditujukan bagi segmen tertentu, yaitu para profesional.
Jenis iklan non-komersial umumnya dibuat
untuk tujuan memberikan informasi, ajakan, dan edukasi terhadap masyarakat.
Iklan ini tidak untuk mendapatkan keuntungan ekonomi, namun untuk keuntungan
sosial bagi semua masyarakat.
Keuntungan yang didapat dari iklan tersebut
adalah adanya pengetahuan, kesadaran, sikap, dan perubahan perilaku masyarakat
terhadap isu yang diiklankan. Contoh iklan masyarkat misalnya kampanye Keluarga
Berencana, iklan pentingnya pendidikan, iklan bahaya rokok, iklan global
warming, iklan bahaya demam berdarah, dan lain-lain.
Nah ringkasan di atas tadi adalah penjelasan mengenai pengertian iklan, tujuan dan manfaat iklan, karakteristik dan syarat-syarat iklan, serta jenis-jenis iklan. Sebenarnya banyak sekali hal-hal yang belum disampaikan mengenai iklan. Kalian bisa menemukan informasi lain tentang iklan pada buku LKS, buku pegangan siswa, blog atau dari media lainnya. Tetap rajin belajar dan beribadah ya ....
Wassalamu’alaikum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar