Kamis, 03 September 2020

UNIK & BERAGAMNYA NEGERIKU (Tema 3 Subtema 1 : PPKn)

 KERAGAMAN DI INDONESIA

Assalamu’alaikum

Hai anak-anak, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memiliki keberagaman dalam kehidupan masyarakatnya. Keberagaman timbul karena banyak perbedaan seperti suku bangsa, ras, agama, keyakinan, ideologi politik, sosial budaya, ekonomi dan lainnya. Sebenarnya apa saja keberagaman yang ada di Indonesia? Pada pelajaran ini kita akan mempelajari tentang keragaman di Indonesia.

Jenis keberagaman Indonesia

 Keberagaman di Indonesia terbagi dalam beberapa jenis, yaitu:

1.    Keberagaman wilayah dan lingkungan

2.    Keberagaman suku bangsa dan budaya

3.    Keberagaman agama

4.    Keberagaman ras

5.    Keberagaman golongan

6.    Keberagaman jenis kelamin dan gender

 Berikut ini penjelasan masing-masing jenis keberagaman di Indonesia tersebut:

 Keberagaman wilayah dan lingkungan

Wilayah NKRI membentang dari Sabang sampai Merauke dengan bentuk kepulauan. Di antara ribuan pulau tersebut membentang lautan yang mencapai dua per tiga wilayah Indonesia. Maka dari itu Indonesia juga disebut negara bahari. Secara administratif, Indonesia terdiri dari 34 provinsi yang terbagi menjadi kabupaten dan kota. Setiap wilayah memiliki ciri-ciri tersendiri yang berpengaruh langsung terhadap kondisi lingkungan termasuk flora dan fauna.

Kondisi letak daerah dan geografis secara tidak langsung juga membentuk keberagaman warga negara atau penduduk yang mendiaminya dengan berbagai aspek kehidupannya. Keberagaman wilayah dan lingkungan Indonesia ini memiliki keindahan yang luar biasa sehingga banyak lokasi wilayah di Indonesia yang menjadi objek wisata. Setiap wilayah mempunyai keunggulan masing-masing seperti keindahan pesisir pantai, terumbu karang, biota laut, persawahan, hutan, perkebunan, pegunungan, padang rumput, perkotaan hingga daerah industri.

 Keberagaman suku bangsa dan budaya

Suku bangsa atau kelompok etnik adalah kesatuan hidup manusia yang mempunyai sistem interaksi, sistem norma yang mengatur interaksi tersebut, ada kontinuitas dan rasa identitas yang mempersatukan semua anggota, serta memiliki sistem kepemimpinan tersendiri. Ciri-ciri mendasar yang membedakan suku bangsa satu dengan yang lain yakni bahasa daerah, adat istiadat, sistem kekerabatan, kesenian daerah dan tempat asal. Identitas atau ciri khas suku bangsa atau kelompok etnik dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu:

1.     Tipe fisik seperti bentuk fisik, warna kulit, rambut dan sebagainya.

2.    Bahasa seperti bahasa Jawa, Sunda, Batak dan sebagainya.

3.    Adat istiadat seperti pakaian, rumah, upacara perkawinan dan sebagainya.

4.    Keseninan seperti tari, alat musik, seni rupa dan sebagainya.

5.    Sistem kekerabatan seperti patrilineal atau matrilineal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar