Kamis, 03 September 2020

RAGAM BUDAYA KITA (Tema 3 Subtema 3 : SBdP)

Assalamu'alaikum

Hai anak-anak, pada materi sebelumnya kita sudah belajar mengenai musik. Selain musik, Indonesia juga kaya dengan berbagai budaya seperti Tari dan Batik. Nah pada pelajaran ini kita akan mempelajari tentang Ragam tari dan batik Indonesia.

PENGERTIAN TARI TRADISIONAL

Tari Tradisional merupakan salah satu tarian yang berasal dan terbentuk dari suatu masyarakat di  daerah tertentu yang bersifat turun-temurun dan sudah menjadi budaya yang dilestarikan oleh masyarakat setempat.

Dibawah ini terdapat beberapa Ciri-ciri dari Tari Tradisional yaitu, diantaranya sebagai berikut ini:

·         Tari Tradisional dikembangkan dan dilestarikan secara turun menurun.

·         Jenis Tari ini selalu diiringi dengan memakai musik Tradisional.

·     Tari Tradisional merupakan salah satu Tarian yang berkembang di kalangan masyarakat biasa dan lain sebagainya.

·         Menggunakan pakaian yang sederhana sesuai asal daerahnya.

RAGAM BATIK INDONESIA

Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknikteknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.

Ragam corak dan warna Batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu. Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya, para penjajah. Warna-warna cerah seperti merah dipopulerkan oleh Tionghoa, yang juga mempopulerkan corak phoenix.

Bangsa penjajah Eropa juga mengambil minat kepada batik, dan hasilnya adalah corak bebungaan yang sebelumnya tidak dikenal (seperti bunga tulip) dan juga benda-benda yang dibawa oleh penjajah (gedung atau kereta kuda), termasuk juga warna-warna kesukaan mereka seperti warna biru. Batik tradisional tetap mempertahankan coraknya, dan masih dipakai dalam upacara-upacara adat, karena biasanya masing-masing corak memiliki perlambangan masing-masing.

     Nah di atas tadi adalah penjelasan ringkas mengenai beragam budaya kita. Sebenarnya banyak sekali hal-hal yang belum disampaikan. Kalian bisa menemukan informasi lain tentang materi pada buku LKS, buku pegangan siswa, blog atau dari media lainnya. Tetap rajin belajar dan beribadah ya ....

                                        Wassalamu’alaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar