Kamis, 03 September 2020

SAKIT PERUT? BAGAIMANA SOLUSINYA? (Tema 3 Subtema 3 : IPA)

Assalamu'alaikum

Hai anak-anak, pada materi yang lalu kita sudah mengetahui proses tubuh kita mencerna makanan. Dalam proses pencernaan tersebut pasti kita pernah mengalami gangguan yang menyebabkan timbulnya penyakit. Nah pada pelajaran ini kita akan mempelajari apa saja gangguan pada sistem pencernaan kita. 

Gangguan ALAT PENCERNAAN MANUSIA

Gangguan pencernaan adalah masalah yang terjadi pada salah satu organ sistem pencernaan, atau lebih dari satu organ pencernaan secara bersamaan. Sistem pencernaan terdiri dari sejumlah organ, mulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Organ hati, pankreas, dan kantung empedu juga berperan dalam mencerna makan, namun tidak dilewati oleh makanan atau terletak di luar saluran pencernaan.

Sistem pencernaan berfungsi menerima dan mencerna makanan menjadi nutrisi yang dapat diserap. Nutrisi tersebut kemudian disalurkan ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Sistem pencernaan juga berfungsi memisahkan dan membuang bagian makanan yang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Ketika tubuh tidak dapat mencerna makanan dengan baik, kondisi tersebut dapat menyebabkan intoleransi makanan.

Pencegahan Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan dapat dicegah dengan menjalani pola hidup sehat, antara lain:

· Mempertahankan berat badan ideal, atau menurunkan secara perlahan bila berat badan berlebih.

· Memperbanyak makanan berserat, seperti buah dan sayur.

· Rutin berolahraga.

· Mencukupi asupan cairan.

· Tidak menunda bila terasa hendak BAB.

· Tidak mengejan terlalu keras saat BAB.

· Menghindari duduk atau jongkok terlalu lama di toilet.

MAKANAN BERGIZI BAGI TUBUH

Makanan adalah bahan, biasanya berasal dari hewan atau tumbuhan dimakan oleh mahluk hidup, untuk memberikan tenaga dana nutrisi Cairan dipakai untuk maksud ini sering disebut minuman, tetapi kata 'makanan' juga bisa dipakai. Istilah ini kadang-kadang dipakai dengan kiasan, seperti "makanan untuk pemikiran". Kecukupan makanan dapat dinilai dengan status gizi. Makanan yang dibutuh manusia biasanya dibuat melalui bertani atau berkebun yang meliputi sumber hewan dan tumbuhan. Beberapa orang menolak untuk memakan makanan dari hewan seperti, daging, telur dan lain-lain. Mereka yang tidak suka memakan daging dan sejenisnya disebut vegetarian yaitu orang yang hanya memakan sayuran sebagai makanan pokok mereka.

Setiap makhluk hidup membutuhkan makanan. Tanpa makanan, makhluk hidup akan sulit dalam mengerjakan aktifitas sehari-harinya. Makanan dapat membantu kita dalam mendapatkan energi, membantu pertumbuhan badan dan otak. Memakan makanan yang bergizi akan membantu pertumbuhan kita, baik otak maupun badan. Setiap makanan mempunyai kandungan gizi yang berbeda. lemak, protein, karbohidrat dan lain-lain adalah salah satu contoh gizi yang akan kita dapatkan dari makanan.

Setiap jenis gizi yang kita dapatkan mempunyai fungsi yang berbeda. Karbohidrat merupakan sumber tenaga yang kita dapatkan sehari-hari. Salah satu contoh makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi, protein digunakan oleh tubuh untuk membantu pertumbuhan kita, baik otak maupun tubuh kita. lemak digunakan oleh tubuh kita sebagai cadangan makanan dan sebagai cadangan energi. Lemak akan digunakan saat tubuh kekurangan karbohidrat, dan lemak akan memecah menjadi glukosa yang sangat berguna bagi tubuh kita saat kita membutuhkan energi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar